PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VB PADA PEMBELAJARAN IPS DENGAN MODEL ARIAS DI SD NEGERI 20 KURAO PAGANG KECAMATAN NANGGALO

Penulis

  • Seprinaldi Azis
  • Muhammad Sahnan
  • Erwinsyah Satria

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya aktivitas dan siswa pada pembelajaran IPS khususnya pada kelas V-b di SDN 20 Kurao Pagang. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa kelas V-b dalam mengajukan pertanyaan, menjawab pertanyaan, mengajukan pendapat,Jenis penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V-b SDN 20 Kurao Pagang, yang berjumlah 23 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa, lembar observasi kegiatan guru dan tes hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa persentase rata-rata aktivitas siswa mengajukan pertanyaan yaitu 47,82% pada siklus I meningkat menjadi 77,82% pada siklus II,serta aktivitas belajar siswa menjawab pertanyaan yaitu 52,17% pada siklus I meningkat menjadi 72,17% pada siklus II, aktivitas belajar siswa mengajukan pendapat yaitu 47,82% pada siklus I meningkat menjadi 77,82% pada siklus II.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui model ARIAS di SDN 20 Kurao Pagang dapat meningkatkan aktivitas siswa pada pembelajaran IPS. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan agar guru dapat menerapkan model ARIAS dalam pembelajaran IPS. Kata kunci : Aktivitas, ARIAS, IPS

##submission.downloads##

Diterbitkan

2015-06-25