PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP BUNDA PADANG
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dan mengakibatkan rendah hasil belajar matematika siswa, untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa maka digunakan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perkembangan aktivitas belajar siswa selama menerapkan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) dalam pembelajaran matematika siswa pada kelas VIII SMP Bunda Padang, dan apakah hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian adalah eksperimen. Populasi penelitian ini siswa kelas VIII SMP Bunda Padang Tahun Pelajaran 2012/2013. Sampel penelitian diambil secara total sampling. Uji hipotesis dilakukan dengan uji-t terhadap data hasil belajar siswa pada taraf α = 0,05 diperoleh dan 1,698, karena t > t maka hipotesis yang diajukan diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran konvensional.
Kata Kunci: SPPKB, Aktivitas, Hasil Belajar Matematika