PERBEDAAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA ANTARA PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS MELALUI PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY, AND SOCIETY (STS) DENGAN METODE KONVENSIONAL DI KELAS VII SMPN 18 PADANG TAHUN PELAJARAN 2012/ 2013
Abstrak
Penelitian ini dilakukan berdasarkan rendahnya hasil belajar siswa karena tidak
semua materi pada pelajaran Biologi sesuai dengan metode ceramah. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Biologi siswa
antara penerapan metode pemberian tugas melalui pendekatan Science,
Technology, and Society (STS) dengan metode konvensional di kelas VII SMPN
18 Padang Tahun Pelajaran 2012/ 2013. Penelitian ini adalah penelitian
eksperimen dengan rancangan Rondomized Control Group Post-test Only Design.
Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VII SMPN 18 Padang Tahun
Pelajaran 2012/ 2013. Penentuan kelas sampel dilakukan dengan teknik Purposive
Sampling. Sehingga diperoleh kelas VII-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas
VII-4 sebagai kelas kotrol. Setelah dilakukan analisis data diperoleh nilai rata-rata
kelas eksperimen adalah 71,5 sedangkan kelas kontrol 69,87. Uji hipotesis dengan
menggunakan uji t diperoleh nilai thitung (0,49) < ttabel (α 0,05 = 2,00) berarti H0
diterima. Untuk nilai rata-rata siswa pada ranah afektif menunjukkan hasil yang
hampir sama yaitu 22,11 pada kelas eksperimen dan 21,88 pada kelas kontrol
yang keduanya berkriteria sangat baik. Dari hasil analisis data yang telah
dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran dengan menerapkan
metode pemberian tugas melalui pendekatan Science, Technology, and Society
(STS) memiliki hasil belajar yang lebih tinggi daripada pembelajaran dengan
menerapkan metode konvensional.
Kata Kunci: Tugas, STS, konvensional, hasil belajar