PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA TAMAN SISWA PADANG

Penulis

  • Sri Rahayu
  • Wince Hendri
  • Gusmaweti .

Abstrak

Telah dilakukan penelitian yang dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar biologi siswa. Proses pembelajaran yang masih di dominasi oleh guru sehingga siswa bosan. Untuk mempengaruhi hasil belajar tersebut maka dilakukan penelitian dengan tujuan mengetahui pengaruh metode pembelajaran talking stick terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Taman Siswa Padang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian Randomized Control Group Posttest Only Design. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas X SMA Taman Siswa Padang tahun pelajaran 2012/2013. Teknik pengambilan sampel secara Total Sampling. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan cara random sehingga kelas X2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X1 sebagai kelas kontrol. Uji hipotesis menggunakan uji-t, karena data terdistribusi normal dan varianpsi homogen. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar biologi mengggunakan metode pembelajaran talking stick lebih tinggi (76,16) dari hasil belajar biologi tanpa menggunakan metode pembelajaran Talking Stick (66,85). Setelah dilakukan uji-t pada taraf signifikansi 0,05 dan dk = 42 diperoleh thitung = 3,92 dan ttabel = 1,68 (ttabel < thitung), artinya hipotesis diterima. Dari hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan metode pembelajaran talking stick dapat memberikan pengaruh yang positif terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Taman Siswa Padang tahun pelajaran 2012/2013. Disarankan kepada guru untuk dapat menggunakan metode pembelajaran talking stick guna meningkatkan hasil belajar.
Kata kunci: Metode pembelajaran, Talking Stick, hasil belajar.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-03-22