Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Studet Teams Achievement Division (STAD) dengan Pemberian Post-test berupa Teka –teki Silang (TTS) terhadap Hasil Belajar biologi Kelas VII Siswa SMPN 12 Solok Selatan

Penulis

  • Robi Eka Putra
  • Gusmaweti .
  • Wince Hendri

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi dan rendahnya hasil
belajar siswa, penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe sutdent teams achievement division (STAD) dengan
pemberian variasi post-test berupa teka-teki silang (TTS) terhadap hasil belajar
biologi siswa kelas VII SMPN 12 Solok selatan. Jenis penelitian ini adalah
penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII
SMPN 12 Solok selatan yang berjumlah 96 orang. Penentuan untuk kelas sampel
dilakukan dengan purposive sampling, untuk menentukan kelas kontrol dan kelas
eksperimen dilakukan dengan cara random, yang terpilih adalah kelas VII-A
dengan jumlah 24 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-B dengan jumlah
24 orang sebagai kelas kontrol. Analisis data dengan uji t diperoleh nilai thitung =
2,33 dibandingkan dengan nilai ttabel (α = 0,05)= 1,68, berarti hipotesis yang
dikemukakan dapat diterima. Jawaban dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh
positif penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar
biologi siswa, terlihat dari nilai yang melebihi nilai rata-rata ulangan harian I yaitu
63,58 menjadi 74,13. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa
model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpangaruh positif terhadap hasil
belajar biologi siswa.
Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif, TTS dan hasil belajar

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-03-22