PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA MACROMEDIA FLASH PADA MATERI FOTOSINTESIS DAN GERAK PADA TUMBUHAN TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP PERTIWI 1 PADANG TAHUN AJARAN 2012/2013
Abstrak
Penelitian tentang penggunan multimedia macromedia flash yang dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa rendah dan model pembelajaran yang konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan multimedia macromedia flash pada materi fotosintesis dan gerak pada tumbuhan terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Pertiwi 1 Padang tahun ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan randomized control only design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Pertiwi 1 Padang yang terdiri dari 4 kelas. Dengan menggunakan teknik purposive sampling dan melalui undian, maka kelas eksperimen adalah kelas VIII.1 dengan jumlah siswa 32 orang dan kelas kontrol adalah kelas VIII.4 dengan jumlah siswa 27 orang. Data dalam penelitian ini adalah data primer berupa hasil tes akhir selanjutnya diolah dengan uji t'. Dari hasil analisis data diperoleh t' yaitu 1,78. Bila dibandingkan dengan pengujian hipotesis H0 yaitu 2,03. Maka t' < pengujian hipotesis H0. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan tidak dapat diterima dengan taraf nyata 0,05. Jadi dapat disimpulkan, bahwa penggunaan multimedia macromedia flash tidak berpengaruh () pada materi fotosintesis dan gerak pada tumbuhan terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Pertiwi 1 Padang tahun ajaran 2012/2013. Pada hasil belajar nilai kelas eksperimen (66.19) lebih tinggi dibandingkan dari kelas kontrol (58,7). Adapun nilai psikomotor dan afektif kelas eksperimen (69,25 dan 62) lebih tinggi dari kelas kontrol (57,75 dan 65 ). Pelaksanaan pembelajaran dengan penggunaan multimedia macromedia flash supaya dapat divariasikan dengan strategi pembelajaran yang menyenangkan.
Kata kunci : multimedia, macromedia flash, hasil belajar