PERBEDAAN HASIL BELAJAR BIOLOGI ANTARA PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING ANG LEARNING (CTL) MENGGUNAKAN LKS DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA KELAS XI SMA NEGERI 1 BANGKINANG
Abstrak
Penelitian ini dilakukan berdasarkan kurang partisipasi, rendah hasil belajar serta
siswa yang kurang aktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat perbedaan
hasil belajar siswa antara pendekatan CTL menggunakan LKS dengan
pembelajaran konvensional pada kelas XI SMA Negeri 1 Bangkinang. Jenis
penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian
Randomized Group Postest Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bangkinang yang terdiri dari 5 kelas dan terdaftar
pada semester II Tahun Pelajaran 2012/2013. Penentuan kelas sampel dilakukan
dengan teknik Purposive Sampling, sedangkan untuk menentukan kelas
eksperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan Random Sampling. Sehingga
diperoleh kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 31 orang
dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 31 orang. Data
dalam penelitian ini adalah berupa hasil tes akhir selanjutnya di olah dengan uji t.
Dari penelitian di dapatkan bahwa hasil analisis data dengan menggunakan uji t,
diperoleh thitung yaitu 2,73. Bila dibandingkan dengan ttabel 1,67 maka thitung > ttabel.
(α 0,05). dengan arti hipotesis yang digunakan dapat diterima. Dari penelitian dapat
disimpulkan bahwa hasil belajar biologi antara pendekatan CTL menggunakan
LKS memperlihatkan hasil yang positif (rata-rata 79,97). sedangkan pembelajaran
konvensional (rata-rata 70,52). Oleh sebab itu Pendekatan CTL menggunakan
LKS dapat diterapkan dalam pembelajaran biologi di sekolah menengah atas dan
mempertimbangkan waktu yang tersedia.
Kata kunci : Pendekatan, hasil belajar, konvensional