PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 18 PADANG
Abstrak
Telah dilakukan penelitian tentang model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) yang dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa rendah dan kurangnya keaktifan siswa selama proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa kelas VII SMP Negeri 18 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Posttest Only Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 18 Padang. Pengambilan sampel dilakukan Dengan teknik purposive sampling, sedangkan penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan secara random, maka kelas eksperimen adalah kelas VII.5 dan kelas kontrol adalah kelas VII.8. Hipotesis dilakukan dengan uji-t, karena data terdistribusi normal dan variansi homogen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil tes yang diperoleh pada kelas eksperimen 46 dan kelas kontrol 47,9. (α = 0,05) diperoleh thitung = -0,5219 dan ttabel =1,67 berarti thitung < ttabel, maka hipotesis H1 ditolak dan H0 diterima. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) tidak berpengaruh positif terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VII SMP Negeri 18 Padang. Pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) harus disiplin dalam penggunaan waktu dan bisa lebih kondusif dalam pengelolaan kelas.
Kata Kunci : Pembelajaran kooperatif, hasil belajar