KEMAMPUAN MENULIS PANTUN SISWA KELAS VII SMPN 1 SUTERA KABUPATEN PESISIR SELATAN
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi pada kurangnya motivasi siswa dalam menulis, khususnya dalam menulis pantun. Teori yang dikemukakan oleh Gani (2010) tentang pantun, dan Semi (2003) tentang menulis. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode deskriptif. Objek penelitian ini adalah siswa kelas VII.1 SMPN 1 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara (1) peneliti menugaskan siswa membuat pantun sesuai dengan jenis pantun yang dipilih, (2) mengumpulkan hasil tugas siswa, (3) mengelompokkan data ke dalam tabel. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kemampuan menulis pantun siswa kelas VII.1 SMPN 1 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan. Hasil analisis data ditemukan bahwa siswa kelas VII SMPN 1 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan pada umumnya sudah mampu menulis pantun yang di dalamnya berisi sampiran dan isi. Dari 26 orang siswa sudah mampu menghasilkan pantun berupa (1) pantun orang tua, sebanyak 58 pantun, (2) pantun muda, sebanyak 15 pantun, (3) dan pantun kanak-kanak sebanyak 5 pantun. Dari ketiga jenis pantun yang ditulis oleh siswa, sudah mempunyai sampiran dan isi yang bersajak ab-ab. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis pantun siswa SMPN 1 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan sudah baik.
Kata Kunci : Kemampuan Menulis Pantun