PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF MENGGUNAKAN FLASH CARD DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 6 PADANG

Penulis

  • Adek Marzalida
  • Erman Har
  • Nawir Muhar

Abstrak

Penelitian ini dilakukan berdasarkan rendahnya hasil belajar siswa dan kurang
aktifnya siswa selama proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui hasil belajar siswa melalui pembelajaran aktif menggunakan Flash
Card dalam pembelajaran Biologi siswa kelas VIII semester II SMP
Muhammadiyah 6 Padang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan
rancangan Randomized Control-Group Posttest Only Design. Populasi penelitian
adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 Padang yang terdiri dari tiga
kelas. Penentuan kelas sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling,
sedangkan untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan
dengan random sampling. sehingga diperoleh kelas VIII2 sebagai kelas eksperimen
dan kelas VIII3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian
ini adalah tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan uji t.
Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan,maka didapatkan hasil belajar
dikelas eksperimen dengan menggunakan flash card memiliki rata-rata 73,57
lebih tinggi jika dibandingkan dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan flash
card memiliki rata-rata yaitu 55,97. Sementara itu, dari uji hipotesis yang
dilakukan, diperoleh thitung 4,07 dan ttabel 1,67 karena thitung > ttabel (4,07 > 1,67)
maka hipotesis diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui
penerapan Pembelajaran Aktif menggunakan Flash Card terdapat perbedaan
positif terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 6
Padang Tahun Pelajaran 2012/2013. Dalam penelitian ini guru bidang studi biologi
dapat menerapkan model pembelajaran aktif menggunakan flash card dengan
mempertimbangkan waktu yang tersedia.
Kata kunci : Pembelajaran Aktif, Flash card, Hasil Belajar

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-03-22