KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 TARUSAN KABUPATEN PESISIR SELATAN
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi kemampuan menulis karangan narasi siswa XI sudah cukup baik.Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Teori yang dipakai adalah karangan narasi, jenis karangan narasi, dan ciri-ciri penanda karangan narasi yang dikemukakan oleh Semi.Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Objek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Teknik pengumpulan data penelitian (1) menugasi siswa menulis karangan narasi, (2) mengumpulkan hasil karangan siswa, (3) membaca seluruh karangan siswa, (4) mengelompokkan narasi ekspositoris dan narasi sugestif. Teknik analisis data dilakukan sebagai berikut: (1) membaca seluruh karangan, (2) menganalisis karangan siswa dengan melihat ciri-ciri penanda masing-masing jenis karangan, (3) menyimpulkan hasil analisis data.Hasil analisis data ditemukan bahwa siswa sudah mampu membedakan karangan narasi ekspositoris dan narasi sugestif. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tarusan Pesisir Selatan dalam menulis karangan narasi ekspositoris dan narasi sugestif siswa sudah cukup baik dalam menulis narasi.
Kata kunci : Kemampuan Menulis Karangan Narasi