PENERAPAN TEKNIK MIND MAPPING DAN PENGERJAAN LATIHAN DIIRINGI DENGAN MUSIK KLASIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VIII SMPN 12 PADANG

Penulis

  • Feri Fermizon
  • Zulfa Amrina
  • Syukma Netti

Abstrak

Kebiasaan siswa yang mudah lupa dengan materi yang telah dipelajari
sebelumnya disebabkan karena siswa kurang paham dengan konsep-konsep dan
prinsip-prinsip yang ada dalam matematika. Salah satu cara untuk mengatasi masalah
tersebut adalah dengan menerapkan teknik Mind Mapping dan pengerjaan latihan
diiringi dengan musik klasik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
apakah hasil belajar siswa dengan menerapkan teknik Mind Mapping dan pengerjaan
latihan diiringi dengan musik klasik lebih baik dari pada hasil belajar siswa dengan
menerapkan metode Ekspositori. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan populasi
seluruh siswa kelas VIII SMPN 12 Padang tahun pelajaran 20012/2013. Sampel
terdiri dari dua kelas yang dipilih dengan teknik Simple Random Sampling, dan
instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar. Pengujian hipotesis menggunakan
rumus t-tes dengan tingkat kepercayaan 95% (α= 0,05) diperoleh thitung=3,87 dan
ttabel=1,645 berarti thitung > ttabel sehingga hipotesis H0 ditolak. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan teknik Mind
Mapping dan pengerjaan latihan diiringi dengan musik klasik lebih baik dari pada
hasil belajar siswa dengan menerapkan metode Ekspositori.
Kata Kunci: Mind Mapping, Musik Klasik, Hasil Belajar

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-03-22