NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DAN KONFLIK PSIKOLOGIS TOKOH UTAMA DALAM FILM “ALANGKAH LUCUNYA NEGERI INI”

Penulis

  • Sayusen Hasanah
  • Hasnul Fikri
  • Gusnetti .

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemersalahan dalam film “Alangkah Lucunya Negeri Ini” bahwa, pendidikan itu penting sementara yang terjadi masih banyak anak-anak yang butuh pendidikan dibiarkan terlantar dan berbagai macam konflik psikologis tokoh utama terdapat di dalamnya. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan Nilai-nilai Pendidikan Karakter dan Konflik Psikologis Tokohutama dalam film “Alangkah Lucunya Negeri Ini” empat aspek nilai-nilai pendidikan karakter adalah (1) keteraturan interior, (2) keberanian, (3) otonomi diri, (4) kesetiaan dan konflik psikologis yang terjadi pada tokoh utama. Teori yang digunakan adalah (1) pendapat Foerster (dalam Muslich) teori pendidikan karakter, (2) pendapat Stanton (dalam Nurgiantoro) teori konflik psikologis tokoh utama. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan menggunakan metodedeskriptif.Hasilpenelitian menunjukan data yang paling banyak ditemukan adalah, (1)nilai-nilaipendidikankarakterpada nilai keberanian(10 dari 36 data), (2) konflik psikologis Internal (8 dari 36 data). Di simpulkan bahwa, film “Alangkah Lucunya Negeri Ini” dapat memberikan pembelajaran dalam menanamkan pendidikan karakter dan menemukan bermacam konflik psikologis tokoh utama.

Kata Kunci: Pendidikan karakter, konflik psikologis, tokoh utama, dan film.                       

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-03-22