PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) YANG DIAWALI TUGAS MERINGKAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMAN 1 PARIANGAN

Penulis

  • Bismil Bismil Hamdillah
  • Ardi .
  • Gusmaweti .

Abstrak

Rendahnya hasil belajar biologi siswa disebabkan oleh proses pembelajaran masih
didominasi oleh guru sehingga siswa kurang terlibat dalam proses pembelajaran yang
pada akhirnya menyebabkan kurangnya penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan menerapkan
pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT). Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT yang
diawali tugas meringkas terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMAN 1
Pariangan. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian
randomized control group posttest only design. Populasi dalam penelitian adalah
siswa kelas XI IPA SMAN 1 Pariangan. Sampel diambil dengan teknik total
sampling. Setelah dilakukan random maka didapatkan kelas XI IPA1 sebagai kelas
eksperimen dan kelas XI IPA2 sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan
dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data
yang telah dilakukan, diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 80 dengan persentase
ketuntasan belajar siswa 75% sedangkan kelas kontrol adalah 73,39 dengan
persentase ketuntasan belajar 47,82%. Untuk uji hipotesis menggunakan uji t
didapatkan nilai thitung (2,79) > ttabel (2,021), maka hipotesis diterima. Jadi dapat
disimpulkan bahwa terdapatnya pengaruh positif yang berarti pada model
pembelajaran tipe TGT yang diawali tugas meringkas terhadap hasil belajar biologi
siswa kelas XI IPA SMAN 1 Pariangan.
Kata kunci: TGT, Meringkas, Hasil Belajar

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-03-22