PENGARUH PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI SMAN 2 RANAH PESISIR
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar biologi yang diperoleh
siswa dengan pembelajaran guru yang konvensional. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengungkapkan pengaruh pembelajaran metode Mind Mapping terhadap hasil
belajar biologi siswa. Hipotesis penelitian adalah terdapat pengaruh positif dengan
penggunaan metode Mind Mapping terhadap hasil belajar biologi siswa. Jenis
penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi penelitian adalah seluruh
siswa kelas XI IPA SMAN 2 Ranah Pesisir. Populasi hanya terdiri dari 2 kelas
dengan jumlah siswa 59 0rang. Untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas
kontrol dilakukan dengan cara random, sehingga terpilih siswa kelas XI IPA1 sebagai
kelas eksperimen dan siswa kelas XI IPA2 sebagai kelas kontrol. Data dari penelitian
digunakan uji statistik. Hasil analisis homogenitas dan normalitas menunjukan bahwa
data terdistribusi normal dan homogen. Untuk menguji hipotesis dapat digunakan uji
kesamaan dua rata – rata atau uji –t. Nilai t yang diperoleh yaitu sebesar thitung (4,67)
dan nilai ttabel (2,00) dengan derajat kebebasan 57 (α=0,05) dengan arti hipotesis
yang dikemukakan dapat diterima. Dari penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh positif yang berarti pada penggunaan metode Mind Mapping terhadap hasil
belajar, dengan kata lain dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA
SMAN 2 Ranah Pesisir.
Kata Kunci : Metode, Mind Mapping, Hasil Belajar, Biologi