PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI SISWA KELAS V SDN 05 SUNGAI NANIANG

Penulis

  • Yulvi Rahman
  • Fazri Zuzano
  • Zulfa Amrina

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang aktif dan rendahnya hasil belajar siswa untuk materi perkalian dan pembagian pecahan. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah model pembelajaran Kooperatif Tipe TAI dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 05 Sungai Naniang?. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas V melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI di SDN 05 Sungai Naniang. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Siklus I dilaksanakan tiga kali pertemuan, sedangkan siklus dua dilaksanakan dua kali pertemuan. Subjeknya adalah siswa kelas V SDN 05 Sungai Naniang yang berjumlah 13 orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian dijumlahkan persentase rata-rata aktivitas siswa untuk setiap indikator terjadi peningkatan dari siklus I 60,33% ke siklus II 80,83%. Persentase ketuntasan hasil belajar UH mengalami peningkatan pada akhir siklus I adalah (53,85%) dan pada akhir siklus II adalah (76,92%) dengan KKM 67. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 05 Sungai Naniang.

 

Kata Kunci: aktivitas, hasil belajar, TAI

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-03-22