PENINGKATAN AKTIVITAS SISWA KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN IPS DENGAN PENGGUNAAN MODEL PENGAJARAN BERDASARKAN MASALAH (PROBLEM BASED INSTUCTION) SD 1-12 KARTIKA PADANG
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SD Kartika 1-12Padang. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan rendahnya aktivitas belajar siswa, di antaranya adalah: Siswa lebih banyak menjadi pendengar guru,  Interaksi guru dalam melakukan tanya jawab selama proses belajar mengajar berlangsung cenderung kurang, Guru mengajar dengan model pembelajaran yang monoton, sehingga siswa tidak tertarik untuk memperhatikan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa melalui model  pembelajaran pengajaran berdasarkan masalah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif. Â
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata nilai ulangan akhir siklus I 69,87, dengan ketuntasan belajar 56,41%; dan rata-rata nilai ulangan akhir siklus II 77,02, dengan persentase ketuntasan belajar 87,17%. Dari hasil analisis lembar observasi aktivitas belajar siswa siklus I diperoleh rata-rata 53,84%. Untuk indikator melakukan diskusi, 64,1% untuk indikator membuat pertanyaan, 56,40% dan untuk indikator membuat kesimpulan, 41,02% . Sedangkan siklus II rata-rata persentase 76,07% untuk indikator melakukan diskusi, 80,76% untuk indikator membuat pertanyaan, 74,35% dan untuk indikator membuat kesimpulan 73,07%. Â Disimpulkan bahwa pembelajaran IPS melalui model pengajaran berdasarkan masalah dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa.
Â
Kata kunci: aktivitas, problem based instruction, IPS.