PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE PICTURE AND PICTURE DENGAN MENGGUNAKAN PETA KONSEP DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 SOLOK TAHUN AJARAN 2012/2013

Penulis

  • Norma Sari
  • Erman Har
  • . Azrita

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar biologi dari aspek kognitif, afektif dan psikomotor siswa dalam pembelajaran aktif tipe picture and picture dengan menggunakan peta konsep. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah randomized kontrol-group posttest only design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII semester II SMPN 5 Solok yang terdiri dari 7 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Dilakukan pengundian sehingga diperoleh kelas eksperimen adalah kelas VIIE dan kelas kontrol adalah kelas VIIB. Teknik analisis data pada penelitian ini terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan penerapan model pembelajaran aktif tipe picture and picture dengan menggunakan peta konsep memberikan perbedaan yang positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada aspek kognitif dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 77,67 dan pada kelas kontrol 70,92 dengan taraf uji statistik (=0,05). Aspek afektif dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 87,47 dan pada kelas kontrol 83,40. Aspek psikomotor dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 83,51 dan pada kelas kontrol 78,85. Dapat disimpulkan, bahwa  model pembelajaran aktif tipe picture and picture dengan menggunakan peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VII SMPN 5 Solok.

Kata kunci: Pembelajaran aktif, picture and picture, peta konsep, hasil belajar

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-03-22