PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA NEGERI 7 KABUPATEN TEBO

Penulis

  • Vina Damayanti
  • Wince Hendri
  • . Gusmaweti

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa, kurangnya
keaktifan siswa dan metode yang digunakan masih konvensional, sehingga peneliti
melakukan penelitian dengan tujuan untuk melihat pengaruh penerapan model
Example Non Example terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMAN 7
Kabupaten Tebo. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam
penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 7 Kabupaten Tebo yang berjumlah 168
orang. Dengan rancangan penelitian porposive sampling, untuk menentukan kelas
kontrol dan kelas eksperimen dilakukan dengan cara random, yang terpilih adalah
kelas X4 dengan jumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X5 dengan
jumlah 34 orang sebagai kelas kontrol. Analisis data dengan uji t diperoleh nilai thitung
= 1,735 dibandingkan dengan nilai ttabel (α = 0,05)= 1,67, berarti hipotesis yang
dikemukakan dapat diterima. Jawaban dari penelitian ini adalah penerapan model
Example Non Example berpengaruh terhadap perbedaan hasil belajar biologi siswa,
terlihat dari nilai yang melebihi nilai rata-rata semester yaitu 67,55 menjadi 84,26.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, penerapan model Example
Non Example berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar biologi siswa.
Kata Kunci: Penerapan, Example non example, Hasil belajar.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-03-22