PERBEDAAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA ANTARA PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DENGAN MEDIA VIDEO DI KELAS VII SMPN 26 PADANG
Abstrak
Penelitian ini dilakukan berdasarkan rendahnya hasil belajar siswa dan penggunaan
media pembelajaran yang kurang menarik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
melihat perbedaan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa yang menggunakan media
gambar dengan media video di kelas VII SMPN 26 Padang. Penelitian ini adalah
penelitian eksperimen dengan rancangan Randomize Control Group only Design.
Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 26 Padang tahun pelajaran
2012/2013. Penentuan kelas sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling
sehingga diperoleh kelas VII4 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VII8 sebagai
kelas eksperimen 2. Setelah dilakukan analisis data diperoleh nilai rata-rata kelas
eksperimen 1 adalah 71,3 dengan persentase ketuntasan belajar 61,30% sedangkan
kelas eksperimen 2 adalah 84,5 dengan persentase ketuntasan belajar 90%. Uji
hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh nilai thitung (-5,069) < ttabel (α 0,05 =
2,00) berarti H0 diterima. Untuk nilai aktivitas belajar siswa nilai rata-rata yang
hampir sama yaitu 86,63 untuk kelas eksperimen 1 dan 86,52 untuk kelas eksperimen
2. Dari analisis data yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa
pembelajaran dengan penggunaan media video memiliki hasil belajar yang lebih
tinggi dari pada pembelajaran yang menggunakan media gambar.
Kata kunci : Media,hasil belajar, dan aktivitas