PENERAPAN TEKNIK MURDER DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI SISWA KELAS VII SMPN 38 SIJUNJUNG
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi siswa yang menggunakan teknik murder dengan pembelajaran kooperatif dengan hasil belajar biologi yang menggunakan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan penelitian randomized control group posttest only design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 38 Sijunjung yang terdiri dari dua kelas. Pengambilan sampel menggunakan total sampling sedangkan untuk menentukan kelas kontrol dan kelas eksperimen menggunakan teknik random. Hasil penelitian pada aspek kognitif diperoleh dengan memberikan tes akhir kepada kedua kelas sampel sedangkan untuk aspek afektif dengan menggunakan lembar obervasi. Diperoleh nilai rata-rata aspek kognitif kelas eksperimen adalah 77,77 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 65,37. Untuk pengujian hipotesis digunakan uji kesamaan dua rata-rata atau uji-t. Nilai t yang diperoleh yaitu sebesar thitung= 3,273 dan ttabel= 2,00 pada taraf kepercayaan α=0,05. Harga thitung lebih besar dari harga ttabel, ini berarti bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen yang mengggunakan teknik murder dengan pembelajaran kooperatif dengan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Untuk aspek afektif nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 81,89 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 80,78. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar biologi siswa yang menggunakan teknik murder dengan pembelajaran kooperatif lebih baik daripada hasil belajar biologi siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional.
Kata Kunci : Teknik Murder, Hasil Belajar