PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SMPN 4 MUARA BUNGO PROVINSI JAMBI
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair Share terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VII SMPN 4 Muara Bungo Provinsi Jambi. Telah dilakukan penelitian pada bulan Mei-Juni tentang model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 4 Muara Bungo Provinsi JambiĀ sebanyak 3 kelas pada tahun ajaran 2015. Penentuan kelas sampel dilakukan dengan metode purposive sampling, sedangkan untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan cara random. Didapatkan kelas eksperimen adalah kelas VII.I dan kelas kontrol adalah kelas VII,II. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata kelas eksperimen 71,71 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol 68,27. Uji statistik pada taraf nyata 0,05 didapatkan thitung > ttabel (3,668>1,67), maka Hipotesis H1 terdapat pengaruh penerapan model pembelajarankooperatif tipe Think-Pair-Share terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VII SMP Nergi 4 Muara Bungo. Penilaian hasil belajar aspek afektif pada kelas eksperimen lebih tinggi(73,38) dari pada kelas kontrol (68,68), sedangkan nilai rata-rata aspek psikomotor kelas eksperimen (76,13) lebih tinggi dari pada kelas kontrol (68,94). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, terdapat pengaruh model terhadap hasil belajar siswa dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share pada kelas VII SMPN 4 Muara Bungo Provinsi Jambi.