HUBUNGAN GAYA BELAJAR (VISUAL, AUDIO DAN KINESTETIK) DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 3 PADANG SUMATERA BARAT PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI TAHUN AJARAN 2012/2013
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara gaya belajar visual, audio dan kinestetik dengan prestasi belajar siswa kelas VIII SMPN 3 Padang, Sumatera Barat pada mata pelajaran Biologi tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini dilakukan di SMPN 3 Padang yang dimulai pada tanggal 15 Januari 2013 dan berakhir pada tanggal 27 Januari 2013. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode deskriftif yang bertujuan untuk memecahkan masalah dan memberikan gambaran secara umum mengenai data yang diperoleh. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas VIII SMPN 3 Padang yang berjumlah 183, dengan jumlah sampel 124 siswa. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji korelasi product moment dengan program SPSS dan uji hipotesis. Hasil analisis dengan rumus korelasi product moment adalah r = 0,562 dengan kategori koefisien korelasi cukup kuat. Persentase hubungan gaya belajar dengan prestasi belajar Biologi siswa sebesar 31,58 %. Hasil uji hipotesis dengan = 9,7822 dan = 1,645 , harga > , pada taraf nyata α = 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa diterima dan ditolak. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat hubungan antara gaya belajar visual, audio dan kinestetik dengan prestasi belajar siswa kelas VIII SMPN 3 Padang, Sumatera Barat pada mata pelajaran Biologi tahun ajaran 2012/2013.
Kata Kunci : Gaya Belajar Siswa, Prestasi Belajar Siswa.