PENERAPAN STRATEGI BELAJAR AKTIF TIPE TRUE OR FALSE DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI SISWA KELAS VII SMPN 1 AMPEK NAGARI KABUPATEN AGAM

Penulis

  • Rachmat Apriyandika

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara penerapan
strategi belajar aktif tipe true or false dengan metode konvensional (diskusi kelompok).
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian yang
digunakan adalah randomized control group posttest only design. Populasi dalam
penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMPN 1 Ampek Nagari Kabupaten Agam
yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive
sampling. Dilakukan pengundian sehingga diperoleh kelas eksperimen adalah kelas VII-
3 dan kelas kontrol adalah kelas VII-2. Instrumen penelitian adalah tes hasil belajar
pada ranah kognitif yang dilihat dari hasil tes akhir penelitian, sedangkan ranah afektif
dan psikomotorik dengan menggunakan lembaran observasi.Teknik analisa data dalam
penelitian ini terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil dalam
penelitian ini menunjukkan penerapan strategi belajar aktif tipe true or false
memberikan perbedaan positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada aspek
kognitif dengan rata-rata kelas eksperimen 65,80 dan kelas kontrol 57,20 dengan taraf
uji statistik (α=0,05). Aspek afektif dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 82,22 dan
pada kelas kontrol 73,82. Aspek psikomotor dengan nilai rata-rata kelas eksperimen
77,06 dan pada kelas kontrol 72,07. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil
belajar biologi siswa kelas VII SMPN 1 Ampek Nagari Kabupaten Agam Tahun
Pelajaran 2012/2013 antara strategi belajar aktif tipe true or false dengan strategi belajar
konvensional.
Kata kunci : Strategi pembelajaran, true or false, hasil belajar

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-03-26