PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTsN PADANG SIBUSUK

Penulis

  • Nofembria melita
  • Rita Desfitri
  • Zulfa Amrina

Abstrak

Rendahnya hasil belajar matematika siswa disebabkan karena pelaksanaan pembelajaran
matematika masih terpusat pada guru, sehingga mengakibatkan interaksi antara guru dan
siswa atau sesama siswa umumnya jarang terjadi. Selain itu siswa juga cendrung pasif dalam
proses pembelajaran. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah motivasi siswa
setelah mengikuti pembelajaran matematika dengan penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe Think Pair Share dan apakah hasil belajar matematika siswa dengan
menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share lebih baik dari pada
menerapkan model pembelajaran konvensional. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui
bagaimanakah motivasi siswa dan apakah hasil belajar matematika siswa siswa dengan
menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share lebih baik dari pada
menerapkan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian
eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota populasi karena populasi
terdiri dari dua kelas. Instrumen yang digunakan berupa angket dan hasil belajar. Berdasarkan
analisis diperoleh rata-rata motivasi belajar siswa kuat. Untuk pengujian hipotesis digunakan
rumus uji perbedaan rata-rata diperoleh hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan
model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share lebih baik dari pada menerapkan model
pembelajaran konvensional Berdasarkan uraian di atas disimpulkan penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share lebih baik dari pada penerapkan model
pembelajaran konvensional
Kata Kunci: model pembelajaran, kooperatif, think pair share, hasil belajar

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-03-22