ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI BENTUK ALJABAR PADA KELAS VII SMPN 2 PARIAMAN

Penulis

  • Melvi Muchlian
  • Rita Desfitri
  • Khairudin .

Abstrak

Dalam pembelajaran matematika, siswa sering mengalami kesulitan pada materi
operasi bentuk aljabar. Siswa yang mengalami kesulitan cenderung melakukan kesalahan
dalam menyelesaikan soal operasi bentuk aljabar. Ketika guru menjelaskan materi, siswa
mengaku sudah mengerti tetapi ketika mengerjakan soal sendiri siswa masih banyak
melakukan kesalahan. Kesalahan ini dapat mengakibatkan rendahnya hasil belajar
matematika siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui jenis kesalahan konsep, prinsip
dan algoritma, mengetahui persentase kesalahan konsep, prinsip dan algoritma, mengetahui
penyebab kesalahan siswa kelas VII SMPN 2 Pariaman dalam menyelesaikan soal Operasi
Bentuk Aljabar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah
siswa kelas VII SMPN 2 Pariaman pada tahun pelajaran 2012/2013. Teknik pengambilan
sampel yaitu purposive sampling, dengan sampel sebanyak 39 orang. Instrumen yang
digunakan yaitu tes hasil belajar dan hasil wawancara. Analisis data yang digunakan yaitu
analisis data hasil tes tertulis dan analisis data hasil wawancara. Kesalahan konsep dialami
hampir semua siswa, kesalahan prinsip dialami oleh 94,87% siswa, dan yang mengalami
kesalahan algoritma sebanyak 41,03% siswa. Sementara dari hasil wawancara terlihat bahwa
kesalahan kadang-kadang juga diakibatkan oleh kecerobohan siswa, salahnya pemahaman
mengenai suatu materi, ataupun kurangnya pemahaman siswa mengenai pengetahuan
prasyarat, dan keliru dalam membaca soal.
Kata Kunci: kesulitan, kesalahan, operasi bentuk aljabar, hasil belajar matematika

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-03-22