PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VIII SMPN 3 KECAMATAN PAYAKUMBUH

Penulis

  • Ahmad Lucki
  • Zulfa Amrina
  • Puspa Amelia

Abstrak

Rendahnya hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 3 Kecamatan Payakumbuh
disebabkan karena siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran matematika,
tidak adanya variasi strategi, dan metode dalam proses pembelajaran. Salah satu
cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model
pembelajaran kooperatif tipe Time Token. Tujuan penelitian ini adalah
mendeskripsikan aktivitas belajar matematika siswa dengan menggunakan
pembelajaran kooperatif tipe Time Token dan untuk mengetahui apakah hasil
belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Time Token lebih
baik dari pada hasil belajar siswa dengan pembelajaran konvensional. Jenis
penelitian adalah eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMPN 3
Kecamatan Payakumbuh tahun pelajaran 2012/2013. Sampel terdiri dari dua kelas
yang dipilih dengan teknik Simple Random Sampling, Instrumen yang digunakan
berupa tes hasil belajar dan lembar observasi. Pengujian hipotesis digunakan
rumus t-tes dengan tingkat kepercayaan 95% (α= 0,05) diperoleh thitung= 9.5229
dan ttabel=1,68 berarti thitung > ttabel sehingga hipotesis 􀜪0 ditolak. Dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang menerapkan
pembelajaran kooperatif tipe Time Token lebih baik dari pada pembelajaran
konvensional.
Kata Kunci: Kooperatif, Time Token, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-03-22