PENERAPAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VII SMP BUNDA PADANG
Abstrak
Rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Bunda Padang disebabkan kurangnya aktivitas siswa mengikuti pelajaran. Untuk meningkatkan aktivitas siswa adalah dengan menerapkan Model Pembelajaran Cooperative Script. Bagaimanakah aktivitas dan hasil balajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan model cooperative script lebih baik dibanding dengan pembelajaran konvensional. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana aktivitas siswa dan apakah hasil belajar matematika siswa meningkat selama menerapkan Model Pembelajaran Cooperative Script. Jenis penelitian adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Bunda Padang, dan sampel terdiri dari dua kelas yang dipilih secara total sampling. Instrumen yang digunakan berupa aktivitas dan hasil belajar. Berdasarkan analisis diperoleh gambaran bahwa aktivitas belajar matematika siswa kelas VII SMP Bunda Padang dengan menerapkan Model Pembelajaran Cooperative Script diperoleh adanya kecenderungan peningkatan aktivitas belajar siswa. Sedangkan data hasil belajar matematika siswa kedua kelas sampel berdistribusi normal dan variansinya homogen. Untuk pengujian hipotesis digunakan rumus t-tes dengan tingkat kepercayaan 95% (α=0,05), dengan thitung = 1,7149 dan ttable= 2,013 karena thitung<ttabel, maka hipotesis penelitian ditolak. Berdasarkan uraian di atas disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa setelah menerapkan Model Pembelajaran Cooperative Script dengan menggunakan pembelajaran Konvensional pada siswa kelas VII SMP Bunda Padang pada tahun pelajaran 2012/2013.
Kata Kunci: Aktivitas, Hasil, Cooperative, Script