PENERAPAN STRATEGI BELAJAR AKTIF TIPE CONTRACT LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP ADABIAH PADANG

Penulis

  • Ayu harbianti
  • khairudin .
  • Rita Desfitri

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran yang masih didominasi
oleh guru, aktivitas siswa kurang terlihat, dan masih banyaknya siswa yang tidak
memperhatikan atau melakukan kegiatan lain yang tidak berhubungan dengan
pembelajaran matematika. Cara belajar seperti ini berdampak pada rendahnya
hasil belajar matematika siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui
bagaimanakah aktivitas siswa selama diterapkannya strategi belajar aktif tipe
Contract Learning pada kelas VIII SMP Adabiah Padang, dan untuk mengetahui
apakah hasil belajar matematika siswa menggunakan strategi ini lebih baik dari
siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah
eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP
Adabiah Padang tahun pelajaran 2012/2013. Sampelnya diambil dua kelas dari
Sembilan kelas secara acak. Instrument yang digunakan adalah lembar observasi
aktivitas dan tes hasil belajar. Berdasarkan data dan aktivitas belajar dikelas
eksperimen, diketahui adanya peningkatan aktivitas dalam pembelajaran. Dari
hasil pengujian hipotesis yang digunakan uji-t. Sehingga dapat disimpulkan
bahwa hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Adabiah Padang yang
menggunakan strategi belajar aktif tipe Contract Learning lebih baik dari pada
hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional.
Kata Kunci : belajar aktif, contract learning, aktivitas belajar siswa, hasil
belajar

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-03-22