KEMAMPUAN MENULIS PANTUN SISWA KELAS VII.1 SMPN 2 SIPORA KABUPATEN KEPULAUAN MENTAWAI
Abstrak
Penelitianinidilatarbelakangiolehkurangnyamotivasisiswadalammenulis, pantun. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan menulis pantun siswa kelas VII.1 SMPN 2 Sipora Kabupaten Kepulauan Mentawai. Teori yang digunakan teori tentang menulis yang dikemukakan oleh Semi, tentang pantun dikemukakan oleh Gani dan Suroto. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif yaitu data yang dikumpulkan berupa kata-kata, gambar, dan bukan angka-angka. Objek penelitian ini adalah siswa kelas VII.1 SMPN 2 Sipora Kabupaten Kepulauan Mentawai yang berjumlah 26 orang. Namun, siswa yang hadir pada saat pengambilan data berjumlah 22 orang siswa. Hasil analisis data ditemukan bahwa siswa kelas VII.1 SMPN 2 Sipora Kabupaten Kepulauan Mentawai pada umumnya sudah mampu menulis pantun sesuai dengan syarat-syarat pantun. Dari 22 siswa ditemukan sebanyak 6 orang siswa yang mampu menulis pantun tua, kemudian ditemukan 11 orang siswa yang mampu menulis pantun anak-anak, dan sesuai dengan syarat-syarat pantun, dan ditemukan sebanyak 5 orang siswa yang mampu menulis pantun muda-mudi dan sesuai dengan syarat pantun, namun masih ada bait pantun yang belum memenuhi syarat-syarat pantun. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa siswa kelas VII.1 SMPN 2 Sipora Kabupaten Kepulauan Mentawai sudah mampu menulis pantun.
Kata Kunci: Menulis, Pantun.