PENERAPAN STRATEGI FIRE-UP DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS X JURUSAN AKUNTANSI SMK KARTIKA 1-2 PADANG

Penulis

  • Putri Maidewi
  • Mukhni .
  • Zulfa Amrina

Abstrak

Penelitian dilatarbelakangi oleh kurang aktifnya siswa mencari dan memahami materi diajarkan serta kurangnya pemanfaatan sumber-sumber yang tersedia. Mengatasi masalah tersebut upaya yang dilakukan adalah menerapkan strategi FIRE-UP dalam pembelajaran matematika. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan strategi FIRE-UP lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional di kelas X jurusan akuntansi SMK KARTIKA 1-2 Padang. Rumusan masalah adalah apakah hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan strategi FIRE-UP  lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling, kelas eksperimen kelas X.A1 dan kelas kontrol kelas  X.A2. Instrumen penelitian adalah tes hasil belajar siswa yang berbentuk soal tes uraian. Soal tersebut dilakukan ujicoba, dianalisis dengan cara menentukan tingkat kesukaran soal, daya pembeda dan dihitung reliabilitas soal dengan derajat reliabilitas tinggi 0,9315. Data tes hasil belajar kedua kelas sampel, dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji perbedaan rata-rata pada taraf =0,05 diperoleh dan . Karena thitung>ttabel  maka hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan strategi FIRE-UP  lebih baik dari hasil belajar matematika yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas  X jurusan akuntansi SMK Kartika 1-2 Padang.

Kata kunci : Strategi FIRE-UP, Hasil

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-03-22