PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA INTERAKTIF BERBASIS EDUCATION GAME PADA MATERI PELUANG UNTUK SISWA SMA KELAS XI

Penulis

  • Aliran Telaumbanua
  • Fazri Zuzano
  • Fauziah .

Abstrak

Masih rendahnya perhatian dan pemahaman siswa SMAN kelas XI dalam proses pembelajaran matematika khususnya pada materi peluang, membuat tujuan pembelajaran sulit tercapai. Berdasarkan masalah tersebut, penulis membuat CD pembelajaran matematika interaktif berbasis education game dan dilengkapi dengan lembar kerja siswa. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan CD pembelajaran matematika interaktif yang disertai lembar kerja siswa layak digunakan sebagai media pembelajaran matematika. Hipotesis penulis dalam penelitian adalah media pembelajaran matematika interaktif pada materi peluang yang dihasilkan adalah valid. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan prosedur penelitian pengembangan menurut Borg dan Gall yaitu; analisis produk, mengembangkan produk awal, dan uji coba produk. Uji coba produk terdiri dari validasi ahli dan uji coba skala kecil. Dari hasil validasi ahli diperoleh kesimpulan bahwa CD pembelajaran interaktif disertai lembaran kerja siswa yang dibuat baik dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran, sedangkan hasil uji coba skala kecil yang diperoleh dari angket respon siswa terhadap CD pembelajaran dan lembar kerja siswa adalah positif dengan persentase sebesar 96%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran matematika interaktif berbasis education game pada materi peluang adalah valid dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Saran dari penulis adalah perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk menguji keefektifan media pembelajaran tersebut.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Matematika Interaktif, Game

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-03-22