PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE-OUTSIDE CIRCLE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA N 9 TEBO

Penulis

  • Emmi Nur Friana
  • Zulfa Amrina
  • Yusri Wahyuni

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa masalah yaitu hasil belajar matematika siswa
masih banyak yang di bawah KKM, minat dan perhatian siswa terhadap matematika masih
rendah, proses pembelajaran masih terpusat pada guru dan kurangnya partisipasi siswa dalam
proses pembelajaran matematika. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil
belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran kooperatif tipe
Inside-Outside Circle lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menerapkan
pembelajaran biasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar
matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Inside-
Outside Circle lebih baik dari siswa yang menerapkan pembelajaran biasa. Jenis penelitian
ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X
SMA N 9 Tebo. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yang diambil secara acak.
Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar. Berdasarkan data hasil belajar siswa pada
kedua kelas sampel, setelah dilakukan uji hipotesis dengan uji-t pada taraf = 0,05 diperoleh
= 5,644 hitung t
dan ( ) 2,024 0,975;38 t =
karena t hitung > t tabel maka hipotesis yang diajukan adalah
diterima. Dari hasil analisis disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa setelah
menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe inside-outside circle lebih baik dari siswa
yang menerapkan pembelajaran biasa pada siswa kelas X SMA N 9 Tebo.
Kata Kunci:Hasil, Kooperatif, Inside-Outside Circle

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-03-22