PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KECAMATAN PANGKALAN KOTO BARU KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

Penulis

  • Yulia Rahmawati Z
  • Susi Herawati
  • Syukma Netti

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang cenderung kurang aktif dan
menyenangkan sehingga menyebabkan hasil belajar matematika siswa rendah. Salah satu
usaha untuk menjadikan pembelajaran menjadi aktif dan menyenangkan sehingga hasil
belajar matematika siswa menjadi lebih baik adalah dengan menerapkan model pembelajaran
kooperatif tipe Make a Match. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah hasil
belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan model pembelajaran kooperatif
tipe make a match lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya
menerapkan pembelajaran konvensional kelas X SMA Negeri 1 Kecamatan Pangkalan Koto
Baru Kabupaten Lima Puluh Kota. Jenis penelitian adalah eksperimen. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Kecamatan Pangkalan Koto Baru
Kabupaten Lima Puluh Kota tahun ajaran 2012/2013 yang terdiri dari enam kelas dan sampel
terdiri dari dua kelas yang dipilih secara acak. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil
belajar. Berdasarkan analisis data yang menggunakan uji-t diperoleh = 1,6896 dan
= 1,6765. Karena > maka hipotesis diterima pada taraf kepercayaan
95%. Sehingga dapat disimpulkan hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya
menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match lebih baik dari pada hasil
belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran konvensional.
Kata Kunci: Pembelajaran, Kooperatif, Make A Match.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-03-22