PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VII SMPN 31 PADANG

Penulis

  • Stefani Fakhri S
  • Fazri Zuzano
  • Zulfa Amrina

Abstrak

Siswa masih kurang aktif selama proses pembelajaran berlangsung. Hal ini
berdampak pada hasil belajar matematika siswa yang masih rendah. Untuk mengatasi
masalah ini diterapkan model pembelajaran yaitu cooperative script. Rumusan
masalah adalah apakah hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan
cooperative script lebih baik dari hasil belajar matematika yang menggunakan
pembelajaran biasa pada siswa kelas VII SMPN 31 Padang. Tujuan penelitian untuk
mengetahui hasil belajar matematika siswa setelah menerapkan pembelajaran
cooperative script pada siswa kelas VII SMPN 31 Padang. Jenis penelitian adalah
penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII
SMPN 31 Padang tahun pelajaran 2012/2013 kecuali kelas unggul. Sampel terdiri
dari dua kelas yang dipilih secara acak yaitu kelas VII1 (eksperimen) dan kelas VII3
(kontrol). Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar. Berdasarkan analisis
diperoleh data hasil belajar pada kelas eksperimen memiliki rata-rata nilai 72,19 dan
kelas kontrol memiliki rata-rata nilai 64,10. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji
perbedaan rata-rata pada taraf = 0,05. Dari hasil perhitungan diperoleh
= 1,9749 dan
= 1,70. Karena >
berarti hipotesis diterima.
Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan hasil belajar matematika siswa yang
pembelajarannya menggunakan model pembelajaran cooperative script lebih baik
dari hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan
pembelajaran biasa.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Kooperatif, Script

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-03-22