PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN SIKLUS (LEARNING CYCLE) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP ADABIAH PADANG

Penulis

  • Olivia .
  • Mukhni .
  • Yusri Wahyuni

Abstrak

Penyebab banyak nilai siswa kelas VII SMP Adabiah Padang di bawah Kriteria
Ketuntasan Minimum adalah kurangnya pemahaman konsep matematika. Salah satu strategi
pembelajaran yang dapat digunakan adalah pembelajaran siklus (Learning Cycle). Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui perkembangan dan apakah pemahaman konsep matematis
siswa dengan Learning Cycle lebih baik dari pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII
SMP Adabiah Padang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Sampel dipilih secara Random
Sampling dan terpilih kelas VII8 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII7 sebagai kelas
kontrol. Dari hasil analisis, diperoleh nilai kuis yang diberikan mengalami peningkatan dan
hasil tes akhir kedua kelas sampel berdistribusi normal dan bervariansi tidak homogen,
sehingga digunakan uji t untuk uji hipotesis. Dari hasil analisis diperoleh t = 5,05 dan
t    
= 1,6866 pada tingkat kepercayaan 95%. Karena t > t    
, maka hipotesis yang
diajukan diterima. Kesimpulan penelitian ini adalah pemahaman konsep matematis siswa
dengan Learning Cycle lebih baik dari pembelajaran konvensional dan penerapan strategi
Learning Cycle memberi pengaruh lebih baik terhadap pemahaman konsep matematis siswa
kelas VII SMP Adabiah Padang.
Kata Kunci: Learning Cycle, Pemahaman Konsep Matematis

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-03-22