PENERAPAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VII SMPN 31 PADANG

Penulis

  • Mita Kurnia
  • Mukhni .
  • Syukma Netti

Abstrak

Pembelajaran matematika yang kurang bermakna menyebabkan rendahnya
pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMPN 31 Padang. Agar pemahaman konsep
matematis siswa menjadi lebih baik, salah satu cara yang dapat digunakan adalah dengan
menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui bagaimana perkembanagan pemahaman konsep matematis siswa selama
diterapkan pendekatan pendidikan matematika realistik dan apakah pemahaman konsep
matematis siswa dengan pendekatan pendidikan realistikik lebih baik dari pembelajaran
konvensional pada siswa kelas VII SMPN 31 Padang. Jenis Penelitian adalah eksperimen.
Populasi penelitian ini siswa kelas VII SMPN 31 Padang tahun pelajaran 2012/2013 kecuali
kelas unggul. Sampel dipilih secara random sampling. Instrumen penelitian terdiri dari kuis
dan tes akhir. Perkembangan pemahaman konsep dilihat dari persentase perolehan skala kuis
pada setiap indikator. Teknik analisis data untuk melihat perbedaan pemahaman konsep kelas
eksperimen dan kontrol digunakan uji t. Dari analisis diperoleh thitung = 3.568 dan
ttable = 1.67 pada taraf kepercayaan 95%. Hasil penelitian menunjukkan perkembangan
pemahaman konsep matematis siswa cenderung mengalami peningkatan di setiap pertemuan
dan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan pendekatan pendidikan
matematika realistik lebih baik dari pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan
pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMPN 31 Padang.
Kata Kunci: Pendidikan matematika realistik, Pemahaman konsep matematis

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-03-22