PENGARUH CARA BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 3 KECAMATAN KOTO XI TARUSAN

Penulis

  • Rito Gustianda
  • Fazri Zuzano
  • Yusri Wahyuni

Abstrak

Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa banyak siswa yang
memperoleh hasil belajar di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Siswa
banyak yang mengerjakan pekerjaan rumah di sekolah dengan cara mencontek
punya temanya, sedangkan sebagian besarorang tua sibuk dengan pekerjaan
mereka, sehingga orang tua kurang mengontrol aktivitas siswa dirumah. Sehingga
diduga cara belajar dan perhatian orang tua dapat mempengaruhi hasil belajar.
Tujuan penelitian untuk melihat pengaruh cara belajar dan perhatian orang tua
terhadap hasil belajar matematika siswa Kelas VIII SMPN 3 Kecamatan Koto XI
Tarusan. Jenis penelitian adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah
siswa kelas VIII SMPN 3 Kecamatan Koto XI Tarusan tahun pelajaran
2012/2013. Teknik pengambilan sampel yaitu random sampling. Dengan jumlah
sampel sebanyak 1 kelas yaitu kelas VIII1. Instrumen yang digunakan yaitu
angket dan tes hasil belajar. Persamaan regresi linear berganda yang didapat

= 11,7827 − 0,4172
 + 1,7659, dan koefisien determinasi 4,49%. Ini
berarti cara belajar dan perhatian orang tua berpengaruh positif terhadap hasil
belajar matematika siswa. Secara parsial cara belajar dan perhatian orang tua
mempengaruhi hasil belajar sebesar 0,77% dan 4,45%. Kesimpulan terdapat
pengaruh cara belajar dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar matematika
siswa kelas VIII SMPN 3 Kecamatan Koto XI Tarusan.
Kata Kunci:Cara belajar, Perhatian Orang tua, Hasil belajar matematika.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-03-22