PENGARUH KEAKTIFAN SISWA DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 3 X KOTO SINGKARAK

Penulis

  • Resti Fadillah
  • Fazri Zuzano
  • Fauziah .

Abstrak

Dalam proses pembelajaran matematika ada beberapa siswa kurang aktif dan
ketersedian fasilitas belajar yang dimiliki juga masih kurang. Serta hasil belajar matematika
siswa masih rendah. Sehingga diduga keaktifan siswa dan fasilitas belajar dapat
mempengaruhi hasil belajar siswa. Tujuan penelitian untuk mengetahui terdapat pengaruh
keaktifan siswa dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII
SMPN 3 X Koto Singkarak. Jenis penelitian adalah deskriptif, dengan populasi siswa kelas
VIII SMPN 3 X Koto Singkarak pada tahun pelajaran 2012/2013. Teknik pengambilan
sampel yaitu stratified random sampling, terpilih sampel sebanyak 28 orang. Instrumen yang
digunakan yaitu angket dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yaitu analisis regresi linear
sederhana dan berganda. Dari persamaan Ŷ = 33,93 + 1,11 X1, Ŷ = 14,77 + 1,58 X2 dan
􀜻 􀷠
= −78 + 0,58􀜺􀬵 + 1,41􀜺􀬶. Dapat disimpulkan bahwa secara terpisah keaktifan siswa dan
fasilitas belajar mempunyai pengaruh sebesar 22,09% dan 56,25%, dan secara bersama-sama
sebesar 62,20% terhadap hasil belajar matematika kelas VIII SMPN 3 X Koto Singkarak.
Dalam pembelajaran hendaknya siswa diajak aktif dan memiliki fasilitas belajar yang
lengkap dalam belajar matematika, sehingga nantinya siswa akan memperoleh hasil belajar
matematika yang baik.
Kata Kunci: Pengaruh, Keaktifan Siswa, Fasilitas Belajar, Hasil Belajar Matematika

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-03-22