PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DIIRINGI PEMBERIAN TES DIAKHIR PEMBELAJARAN PADA KELAS VIII SMPN 10 PADANG

Penulis

  • Nurhalimah Sy
  • Fazri Zuzano
  • Puspa Amelia

Abstrak

Rendahnya hasil belajar matematika siswa disebabkan karena pelaksanaan
pembelajaran matematika lebih didominasi oleh guru, beberapa siswa hanya duduk
mendengarkan, meniru dan mencontoh apa yang dikerjakan oleh guru. Siswa kurang aktif
dalam proses pembelajaran. Pada umumnya guru jarang memberikan tes di akhir proses
pembelajaran. Sehingga guru tidak bisa mengetahui tingkat penguasaan siswa terhadap
materi pelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti menerapkan model
pembelajaran kooperatif tipe think pair share diiringi pemberian tes di akhir pembelajaran.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe think pair share diiringi pemberian tes di akhir pembelajaran
dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 10 Padang. Jenis
penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas VIII SMPN 10 Padang tahun pelajaran 2012/2013. Sampel dalam penelitian ini
adalah kelas VIII H sebagai eksperimen dan siswa kelas VIII F sebagai kelas kontrol.
Berdasarkan data hasil belajar siswa pada kedua kelas sampel, dilakukan uji hipotesis
dengan uji-t pada taraf 􀟙 = 0,05 dan diperoleh 􀝐􀯛􀯜􀯧􀯨􀯡􀯚 = 3,2195, 􀝐(􀬴,􀬽􀬹;􀬺􀬺) = 1,669.
Karena 􀝐􀯛􀯜􀯧􀯨􀯡􀯚 > 􀝐􀯧􀯔􀯕􀯘􀯟 maka hipotesis yang diajukan diterima. Peneliti menyarankan agar
guru dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share diiringi
pemberian tes di akhir pembelajaran dalam pembelajaran matematika.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Kooperatif, Think Pair Share, Hasil Belajar

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-03-22