PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 3 SIJUNJUNG

Penulis

  • Hasti Fauzani
  • Fazri Zuzano
  • Niniwati .

Abstrak

Penelitian ini dilakukan karena hasil belajar matematika siswa kelas VIII
SMPN 3 Sijunjung masih rendah. Siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa yang
pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick
lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran
konvensional pada kelas VIII SMPN 3 Sijunjung Tahun Pelajaran 2012/2013. Jenis
penelitian adalah eksperimen. Populasinya adalah siswa kelas VIII SMPN 3
Sijunjung Tahun Pelajaran 2012/2013 sebanyak tiga kelas dan sampel diambil secara
acak sebanyak 49 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan tes
hasil belajar yang dianalisis dengan menggunakan uji perbedaan rata-rata (t-tes). Data
hasil belajar, kelas eksperimen memiliki rata-rata nilai (72,64), pada kelas kontrol
rata-rata nilai (55,04), dan dari hasil t-tes dengan tingkat kepercayaan 95% ( = 0,05)
diperoleh = 2,95 dan (
,
;) = 1,6785 sehingga ℎ (1−, ) maka
hipotesis penelitian diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil
belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe Talking Stick lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang
menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMPN 3 Sijunjung
Tahun Pelajaran 2012/2013.
Kata Kunci : Pembelajaran Matematika, Kooperatif Talking Stick, Hasil Belajar

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-03-22