PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA INTERAKTIF UNTUK MATERI KESEBANGUNAN PADA SMP KELAS IX

Penulis

  • Fajra dhilla
  • Fazri Zuzano
  • edrizon .

Abstrak

Salah satu materi yang sulit dipahami siswa kelas IX SMP Negeri 1 Bangkinang
adalah sub pokok bahasan Segitiga Sebangun. Guru telah mencoba memvariasikan metode
pembelajaran yaitu dengan menggunakan beberapa alat peraga, tapi keterbatasan alat peraga
di sekolah mengakibatkan alat peraga tidak bisa digunakan dalam proses pembelajaran.
Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran matematika interaktif
yaitu CD pembelajaran interaktif yang berbasis konstruktivis dan dikembangkan berdasarkan
RPP dilengkapi dengan LKS. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang
dikemukakan oleh Borg dan Gall yaitu melakukan analisis produk, mengembangkan produk
awal dan uji coba produk. Uji coba produk terdiri dari validasi ahli dan uji coba skala kecil.
Berdasarkan validasi ahli diperoleh kesimpulan bahwa CD pembelajaran matematika
interaktif pada materi dua segitiga sebangun baik dan dapat digunakan dalam proses
pembelajaran sedangkan dari hasil uji coba produk skala kecil yang diperoleh dari angket
siswa adalah positif sebesar 88,89%. Dari validasi dan respon siswa disimpulkan bahwa
media pembelajaran matematika interaktif yang dikembangkan berdasarkan RPP dan disertai
LKS layak digunakan dalam proses pembelajaran. Jadi dapat disimpulkan bahwa perangkat
pembelajaran matematikainteraktif berbasis konstruktivis pada materi dua segitiga sebangun
adalah layak dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran matematika.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Matematika Interaktif, Konstruktivis

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-03-22