HUBUNGAN CARA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XII JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 1 PAYAKUMBUH

Penulis

  • Prilly Deharmi
  • Susi Herawati
  • Rita Desfitri

Abstrak

Cara belajar matematika siswa secara umum masih kurang baik. Hasil belajar
matematika siswa masih rendah. Secara teori cara belajar ini memiliki hubungan dengan hasil
belajar matematika siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada
hubungan cara belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XII jurusan administrasi
perkantoran SMK Negeri 1 Payakumbuh. Jenis penelitian adalah deskriptif. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII jurusan administrasi perkantoran SMK Negeri 1
Payakumbuh tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 113 siswa, dan sampel diambil sebanyak
29 orang secara proportionate random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket
dan tes hasil belajar. Berdasarkan analisis menggunakan persamaan regresi linier sederhana,
uji normalitas galat regresi, uji lineritas, uji keberartian, koefisien korelasi dan koefisisen
determinasi diperoleh gambaran bahwa pada taraf kepercayaan 95% (0,05) terdapat
hubungan yang positif antara cara belajar dan hasil belajar matematika siswa kelas XII
jurusan administrasi perkantoran SMK Negeri 1 Payakumbuh sebesar 23,62%.
Kata Kunci : cara belajar, hasil belajar

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-03-22