PENGARUH MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMA BUKIT BARISAN PADANG

Penulis

  • Sriwati .
  • Fazri Zuzano
  • Puspa Amelia

Abstrak

Siswa sering mengalami masalah yang berkaitan dengan keinginan untuk belajar, hal ini
berdampak pada hasil belajar matematika siswa yang rendah. Faktor yang diduga mempengaruhi
adalah motivasi belajar, minat dan perhatian, sikap dan kebiasaan belajar, ketekunan, sosial
ekonomi, faktor fisik dan psikis dan disiplin. Dalam penelitian ini akan dilihat apakah motivasi
belajar berpengaruh terhadap hasil belajar matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui apakah terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa
Kelas XI SMA Bukit Barisan Padang. Hipotesis penelitian adalah terdapat pengaruh motivasi
belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Bukit Barisan Padang. Jenis
penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dari penelitian ini yaitu siswa kelas XI SMA
Bukit Barisan Padang. Sampel diambil secara sampling sistematis dengan mengambil 20% dari
jumlah populasi, dengan jumlah sampel yaitu 28 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan angket motivasi belajar siswa yang terdiri dari 25 butir pernyataan dan tes hasil
belajar berupa soal essay sebanyak 7 butir soal. Teknik analisis data yaitu regresi linier
sederhana, diperoleh persamaan regresinya yaitu Ŷ = 7,427 + 0,58X dan koefisien determinan
adalah 3,9%. Ini menunjukkan motivasi siswa berpengaruh positif terhadap hasil belajar
matematika.
Kata Kunci: Pengaruh, Motivasi Belajar, Matematika, Hasil belajar

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-03-22