PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 2 SAWAHLUNTO TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstrak
Dalam pembelajaran matematika beberapa siswa memiliki hasil belajar dan aktivitasbelajar matematika yang masih rendah. Untuk mengatasi masalah ini, salah satu upaya yang
dapat dilakukan adalah menerapkan model pembelajaran berbasis masalah. Tujuan penelitian
yaitu untuk mengetahui perkembangan aktivitas dan hasil belajar siswa yang menggunakan
model pembelajaran berbasis masalah dalam pembelajaran matematika lebih baik dari model
pembelajaran biasa terhadap siswa kelas VIII SMPN 2 Sawahlunto. Jenis penelitian adalah
eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Sawahlunto pada
tahun pelajaran 2011/2012. Teknik pengambilan sampel yaitu simpel random sampling.
Dengan jumlah sampel sebanyak 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen
yang digunakan yaitu lembar observasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang
digunakan adalah uji t menurut Sudjana tahun 2005. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji
perbedaan rata-rata pada taraf α = 0,05. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 4,6978 dan
ttabel = 1,1607 sehingga thitung > ttabel. Dengan demikian dapat disimpulkan hasil belajar
matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik dari
hasil belajar matematika yang menggunakan pembelajaran biasa pada siswa kelas VIII
SMPN 2 Sawahlunto.
Kata Kunci: Pembelajaran berbasis masalah, Matematika, Hasil belajar
##submission.downloads##
Diterbitkan
2013-03-22
Terbitan
Bagian
Articles