PENGEMBANGAN MEDIA GAMES MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN LOGIKA UNTUK SISWA KELAS X SMA

Penulis

  • Shandy Prawita Katina
  • Fazri Zuzano
  • Syukma Netti

Abstrak

Masih rendahnya perhatian siswa dalam mengikuti proses pembelajaran matematika
serta kesulitan siswa dalam memahami materi logika khususnya pada materi pokok
pernyataan majemuk dan ekuivalen merupakan kendala yang dihadapi guru untuk tercapainya
tujuan pembelajaran. Berdasarkan masalah tersebut diatas, peneliti ingin membuat dan
mengembangkan suatu media pembelajaran berupa media gemes matematika. Tujuan dari
penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran matematika yang berupa media
games matematika yang layak. Media games yang dikembangkan berupa domino matematika
dan ular tangga matematika. Dengan media games diharapkan dapat membantu guru dalam
menyampaikan materi pembelajaran khususnya pada materi pokok pernyataan majemuk dan
ekuivalen. Media games dikembangkan berdasarkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan langkah sampai uji coba produk.
Analisis data yang dilakukan adalah analisis data validasi ahli dan analisis data respon siswa
(angket). Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk berupa media games untuk
materi Logika pada kelas X SMA. Berdasarkan uji coba produk diperoleh hasil dari respon
media games yang digunakan positif sebesar 90%. Dari hasil analisis lembar validasi dan
angket respon siswa di dapat bahwa media games pada pokok bahasan Logika untuk SMA
kelas X valid atau baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa media Games ini layak digunakan
sebagai media pembelajaran.
Kata Kunci : Media Games, Logika.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-03-22