PENGGUNAAN LKS DAN CERAMAH DENGAN KELOMPOK DISKUSI DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI SISWA KELAS VII SMPN 2 LUBUK ALUNG KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Penulis

  • Rio Alfara Kardinal
  • Erman Har
  • . Gusmaweti

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan pembelajaran dengan menggunakan LKS dan ceramah dengan kelompok diskusi dalam pembelajaran biologi siswa di kelas VII SMPN 2 Lubuk Alung . Hasil belajar yang diamati adalah ranah kognitif yang di lihat dari hasil tes akhir penelitian, sedangkan hasil aktivitas belajar di amati dengan menggunakan lembaran observasi. Penelitian ini adalah eksperimen, dengan populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas VII  SMPN 2 Lubuk Alung. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan teknik Random sampling, dimana sampel diambil dari kelas yang rata-rata ujian Biologi siswa pada semester satu mendekati sama, penelitian kelas eksperimen1 dan kelas eksperimen2 dilakukan secara random didapatkan kelas VII4 sebagai kelas eksperimen2 dan kelas VII3 kelas eksperimen1. uji hipotesis dilakukan dengan uji-t, karena data terdistribusi normal dan variansi homogen. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata biologi siswa yang menggunakan LKS dengan nilai rata-rata 74,2 dan hasil belajar biologi siswa dengan ceramah dengan kelompok diskusi 65 dengan taraf nyata.(α = 0,05)  diperoleh thitung = 3,57 dan ttabel = 0,019 berarti thitung>ttabel, maka hipotesis diterima. Penilaian afektif. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan LKS dalam pembelajaran biologi dapat memperlihatkan perbedaan yang nyata pada kelas eksperimen1 di bandingkan kelas eksperimen2.

             

Kata Kunci :Pembelajaran Menggunakan LKS dan ceramah

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-03-22