UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS IX4 SMPN 1 GUNUNG TALANG TAHUN 2012/2013

Penulis

  • Ermil syofia
  • Mukhni .
  • fazri zuzano

Abstrak

Hasil pembelajaran matematika siswa sebagian besar belum mencapai nilai
KKM yang ditetapkan. Karena dalam pembelajaran siswa belum mampu untuk
mengeluarkan pendapat serta kerjasama antara siswa. Guru sebagai salah satu
pemegang peranan dalam pembelajaran haruslah mampu membangkitkan
motivasi siswa untuk beraktivitas supaya hasil belajar dapat meningkat. Salah satu
upaya yang dilakukan guru untuk membantu siswa dalam belajar adalah dengan
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Model pembelajaran
ini dapat menumbuhkan sikap mampu mengeluarkan pendapat dan kerjasama
dengan teman dalam berdiskusi pada kelompok asal dan ahli untuk menemukan
konsep materi. Tujuan penelitian apakah model pembelajaran kooperatif tipe
Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IX4 SMPN 1
Gunung Talang. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek
penelitian kelas sebagai subjek IX4 SMPN 1 Gunung Talang. Alat pengumpulan
data digunakan lembaran observasi aktivitas siswa, guru dan hasil tes setiap ahkir
siklus. Hasil penelitian masing-masing siklus memperlihatkan aktivitas siswa
mengalami peningkatan pada siklus I persentase rata-rata 65,7 dan, siklus II
dengan persentase 81,3. Sedangkan hasil penelitian siklus I tuntus 9 orang dengan
nilai 64,6 dan siklus II tuntas 12 orang dengan rata-rata 70,9. Aktevitas guru
berkategori amat baik. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajan kooperatif
tipe Jigsaw berhasil.
Kata Kunci: Jigsaw, Aktivitas, Hasil Belajar

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-03-22