PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF ROUND ROBIN DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI SISSWA KELAS X SMA N 1 PAGAI UTARA SELATAN

Penulis

  • Rindi Antika Sapalakkai
  • . Gusmaweti
  • Erman Har

Abstrak

Pembelajaran lebih sering bersifat teacher centered akibatnya siswa kurang serius sehingga hasil
belajar kurang maksimal. Salah satu upaya yang dapat digunakan adalah dengan penerapan model
pembelajaran kooperatif round robin. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbedaan hasil
belajar siswa yang diajar dengan model Round Robin dan hasil belajar dengan konvensional serta
untuk mengetahui aktivitas belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan
rancangan Randomized Control-Group Posstest Only Design. Penelitian ini diadakan di SMA N 1
Pagai Utara Selatan pada semester II tahun pelajaran 2012/2013. Populasi penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas X yang terdaftar pada tahun pelajaran 2012/2013. Pengambilan sampel dilakukan
secara random dan teknik purpsive sehingga terpilih kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan X2
sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar yang diberikan kepada kedua kelas
sampel. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata biologi siswa dengan menggunakan model
pembelajaran kooperatif round robin dengan rata-rata 81,2 sedangkan hasil belajar biologi dengan
menggunakan metode konvensional dengan rata-rata 74. Data yang diperoleh dianalisis dengan
menggunakan uji t. Berdasarkan hasil hipotesis, diperoleh nilai thitung = 2,73 dan ttabel = 2,00. Sesuai
dengan kriteria pengujian bahwa H1 diterima dan H0 ditolak jika thitung > ttabel. Dapat disimpulkan
bahwa terdapat perbedaan hasil belajar biologi dengan penerapan pembelajaran kooperatif round
robin dengan pembelajaran konvensional aktivitas belajar siswa dengan pembelajaran round robin
lebih tinggi dari pada pembelajaran konvensional.
Kata Kunci: Round Robin, Aktivitas, Hasil

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-03-22