PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VII.I PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI MODEL DEBATE DI SMPN 18 PADANG
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya aktivitas siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) peningkatan aktivitas bertanya siswa kelas VII.2 pada pembelajaran PKn melalui model pembelajaran Debate, (2) peningkatan aktivitas menjawab pertanyaan siswa kelas VII.I pada pembelajaran PKn melalui model pembelajaran Debate, (3) peningkatan aktivitas siswa dalam menyimplukan materi pembelajaran melalui model pembelajaran Debate (4) peningkatan hasil belajar siswa kelas VII.I pada pembelajaran PKn melalui model pembelajaran Debate. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, lembar tes hasil belajar, catatan lapangan dan dokumentasi poto saat penelitian. Hasil penelitian dapat disimpulkan: Pertama, aktivitas bertanya siswa pada siklus I sebesar 57,35%, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 85,29%. Kedua, aktivitas siswa menjawab pertanyaan pada siklus I sebesar 57,68%, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 83,82%. ketiga,pada siklus I aktivitas siswa dalam menyimpulkan pelajaran sebesar 55,88% kemudian pada siklus II menjadi 85,29%. Dan keempat hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 77.04 dengan persentase ketuntasan 58,82% kemudian pada siklus II menjadi 83.08, dengan persentase ketuntasan 85,29%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Debate dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VII.I pada pembelajaran PKn di SMP Negeri 18 Padang.
Kata Kunci: Aktivitas belajar siswa, pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, Debate